top of page

TIPS 30: Hadapi Ketakutan Anda, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Updated: Jul 18, 2023

Kali ini saya ingin membahas tentang Fear.


hadapi ketakutan anda

Ada 2 faktor dari rasa ketakutan, faktor internal dan eksternal. Di antara 2 faktor ini, menurut saya yang paling berbahaya adalah faktor internal. Namun sebelum itu, apakah ketakutan yang disebabkan oleh faktor internal?


tulisan do not fear

Internal atau eksternal, mereka sebenarnya sangat mirip. Faktor internal ketakutan adalah ketika diberi tugas Anda takut tidak akan menyelesaikannya atau melakukan pekerjaan yang buruk. Ini adalah pola pikir yang membuat Anda takut dan membayangkan yang terburuk di awal. Sedangkan faktor eksternal adalah situasi di dunia nyata seperti “Bagaimana jika tidak ada sepeda motor?”, itu juga membayangkan yang terburuk tetapi situasi terburuk bukan selalu yang buruk untuk Anda. Jadi mengapa faktor internal ketakutan merupakan faktor yang paling berbahaya? Karena itu adalah pola pikir, jika pola pikir Anda salah maka tidak akan membawa Anda kemana-mana. Pikiran seperti "Saya tidak berpikir saya bisa menjadi Artis 3D," atau "Saya tidak cukup baik." tidak akan membawa Anda kemana-mana. 3D Artist Senior dan Pro tidak menguasai 3D dalam satu detik ataupun satu tahun. Itu tidak mungkin, ketakutan seperti itu membuat kita terjebak, tidak bisa belajar, dan sulit untuk bergerak maju. Jadi, bagaimana cara mengatasinya?


Kunci sukses bukanlah mengalahkan orang lain, melainkan mengalahkan diri sendiri terlebih dahulu.

Lewati ketakutan dan keraguan itu. Sama seperti faktor eksternal Anda menemukan jalan keluar, jika dalam kondisi tidak ada sepeda motor? Bisa menggunakan angkutan umum, tidak ada angkutan umum? Pesan Uber, Grab, atau Gojek. Jika itu tidak tersedia juga, Anda bisa berjalan kaki. Pahami bahwa dalam hidup Anda harus terus bergerak. Anda seorang 3D Artist baru dan ingin belajar tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, Anda sedang duduk di depan komputer atau dengan telepon Anda mungkin juga mencarinya melalui kanal youtube. Ini bukan di tahun 1982, kita hidup di era digital. Alasan apa lagi yang mungkin Anda miliki? Ada begitu banyak tutorial 3D di internet, selangkah demi selangkah dari nol hingga bisa dirender. Untuk 2GAcademy jika ada permintaan, kami akan membuatnya ketika kami punya waktu.


Jangan putus asa. Jika Anda benar-benar ingin menjadi besar jadilah 3D Artist yang terkenal, lewati ketakutan Anda, dan terus maju. Dengan bergerak dan bergerak, Anda tidak akan lagi mempedulikan ketakutan Anda, karena itu adalah proses, proses yang akan Anda nikmati. “Bagaimana cara saya maju jika tanpa kenalan?” Semua orang memulai solo, tetapi di sepanjang jalan Anda bertemu orang, berinteraksi, hingga akhirnya, Anda akan memiliki kenalan. Di sana Anda mulai membangun jaringan, kemudian dengan jaringan, Anda bisa mulai berbisnis.


teamwork

Oleh karena itu jangan takut hidup adalah sebuah perjalanan, sebuah perjalanan yang harus kamu selesaikan bukan berhenti di tengah jalan. Berhenti itu seperti hidup tanpa tujuan, Anda hanya akan takut menjalani hidup, dan Anda akan terjebak disana selamanya.


Apa yang tersisa untuk ditakuti?

34 views0 comments
bottom of page