top of page

TIPS 22: Bagaimana Cara untuk Menjadi 3D Artist Profesional

Updated: Jul 18, 2023

Pada tahap awal karir saya di tahun 2008, saya berjuang selama 2 tahun mencoba mencari tahu sendiri. Saya berada di ujung dan hampir berhenti, tetapi untungnya, saya memberi diri saya kesempatan terakhir untuk berada di industri ini.


need to know the reason why?

Saya mulai dengan menjalin hubungan dengan banyak 3D Artist profesional, yang sebagai imbalannya memberi saya banyak saran dari mereka. Saya tidak meminta tekniknya, tetapi sebaliknya, mereka mengajari saya bahwa tidak ada teknik khusus. Semuanya dilakukan melalui proses untuk membuat sebuah gambar.


Saya menemukan bahwa mereka memiliki kesamaan dengan ungkapan dari Simon Sinek "Mulailah dari kalimat 'mengapa' dari The Golden Circle" yang Anda perlu ketahui alasannya, "mengapa" yang membuat Anda terus maju dan berjuang di industri ini. Jadi 3 hal yang saya pelajari dari 3D pro tersebut adalah:

1. Mulailah dengan membuat sebuah cerita. Mengapa demikian? Itu karena ketika Anda memiliki cerita, Anda memiliki tujuan, tujuannya adalah untuk menciptakan gambar. Bukan sembarang gambar tetapi gambar yang bisa menyampaikan cerita, pesan di balik gambar. Melakukan ini, Anda harus memahami dan mempertimbangkan setiap bagian dari cerita seperti waktu, suasana, pencahayaan, dll. (tips pro: temukan referensi yang dapat Anda gunakan untuk membantu menginspirasi Anda).


laptop dengan kopi

2. Kerangka Kerja.

Mereka semua memiliki kerangka yang solid dan serupa, tetapi dengan gaya unik mereka sendiri. Apa yang mirip dengan sebagian besar pro adalah mereka tidak pernah melewatkan langkah apa pun, terkadang mereka bahkan ingin menambahkan lebih banyak langkah untuk meningkatkan detailnya. Mereka mulai dengan pemodelan dan tekstur yang khas, dan setelah kerangka kerja selesai, mereka mulai menambahkan lebih banyak dan lebih banyak lagi ke kerangka kerja.


3. Mengambil Tindakan.

Apa yang benar-benar mengagumkan tentang mereka adalah mereka mengambil tindakan, setiap kali mereka membaca atau menonton tutorial mereka tidak hanya menonton mereka akan mencobanya. Mencobanya meskipun Anda mengalami kesalahan adalah bagian dari proses, itu adalah bagaimana Anda bisa menjadi lebih baik. Pola pikir mereka adalah "Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda mencoba" dan itulah sebabnya latihan mereka membuahkan hasil.

mengambil tindakan

Itulah hal-hal yang saya pelajari yang membantu saya menjadi 3D Artist profesional.

Saya harap ini membantu, dan seperti biasa, semoga Anda beruntung!

51 views0 comments
bottom of page