top of page

Tips 12: 9 Langkah Membuat Rendering Interior Profesional dengan V-Ray untuk SketchUp di Akhir Pekan

Updated: Jul 25, 2023

Apakah Anda seseorang yang kesulitan menggunakan V-Ray untuk SketchUp untuk merender interior Anda? Saya punya Solusi yang tepat untuk Anda yang mana memiliki kerangka yang baik.


jangan lihat tutorial di youtube


Anda mungkin berpikir bahwa Youtube seharusnya bisa membantu anda dan memang bisa dengan sumber dayanya yang besar. Namun, ini tidak mudah kecuali anda adalah tipe orang yang dapat belajar dengan mudah dari youtube. Berikut adalah 9 langkah untuk kerangka kerja yang bagus:



LANGKAH #1. Referensi Gambar


Referensi adalah alat yang cukup kuat bagi anda untuk membuat gambar yang bagus. Anda dapat menganalisis gambar mereka, menguraikan langkah - langkah yang mereka gunakan untuk membuatnya dan mengungkapkan kisah mereka.


lihat referensi gambar


LANGKAH #2. Model Fisik yang Benar


Model fisik penting karena meja memiliki sudut bundar atau lemari yang membutuhkan celah yang layak daripada garis.



LANGKAH #3. Penggunaan Tekstur yang Benar


Pastikan tekstur interior dan exterior anda berbeda. Masing - masing perlu memiliki tekstur yang sesuai, ini penting untuk dicocokkan dengan realismenya. Interior membutuhkan ukuran yang tepat dan bersih dengan tampilan dunia nyata sedangkan eksteriornya membutuhkan bahan yang tahan atau rusak oleh sinar matahari.



pemetaan reinhard



LANGKAH #4. Gunakan Pemetaan Reinhard


Dengan menurunkan burn value ke nol akan menghapus sorotan yang terbakar. Hal ini dapat sangat membantu untuk membuat material foto realistik anda.




LANGKAH #5. Bahan Realistis Sangat Penting untuk Bayangan


Material realistis akan mengeluarkan Efek Fresnel, efek ini memberikan efek reflektif dengan beberapa sudut agar terlihat lebih reflektif daripada semua material dunia nyata.



LANGKAH #6. Bingkai Adegan Anda


Untuk membingkai sebuah adegan, anda perlu belajar tentang kamera. Mengetahui lensa mana yang digunakan dan masing - masing eksposur. Tetapi dalam membuat komposisi, anda perlu mengikuti beberapa aturan seperti aturan ketiga.



LANGKAH #7. Menerangi Adegan


Untuk Pencahayaan saya sarankan untuk menggunakan V-Ray sky dan V-Ray sun, jangan menggunakan HDRI untuk pencahayaan karena anda akan kebingungan. Kecuali jika anda melakukan rendering dust atau blue hour, HDRI adalah yang terbaik dan jangan lupa untuk tidak menggunakan lampu palsu dan identifikasi primer dan pencahayaan sekunder.



LANGKAH #8. Gunakan Fitur Light Mix


Ini sangat membantu dengan penyesuaian di menit terakhir. Dengan cara ini anda dapat menyesuaikan pencahayaan dengan sangat cepat tanpa merender ulang gambar anda.




LANGKAH #9. Pasca Produksi.


Langkah terakhir ini sudah lama diperdebatkan karena pro & kontranya. Tetapi saya percaya bahwa pasca produksi dibuat karena suatu alasan dan ini untuk meningkatkan gambar ke tingkat yang berbeda dengan kemampuan untuk memberikan penyesuaian seperti tingkat kecerahan atau kontras dan banyak lagi.





Ini adalah 9 langkah saya untuk membuat kerangka kerja yang hebat dan saya berharap Anda beruntung di masa depan!




40 views0 comments
bottom of page