top of page
  • admin

TIPE-TIPE KLIEN YANG HARUS DIPERJUANGIN DAN HINDARIN

Updated: Jul 25, 2023


tipe-tipe klien yang harus diperjuangin dan dihindarin

KENAPA INI BISA TERJADI? Sama seperti kita, kalau kita ngga bisa kita pasti cari atau hire orang untuk melakukan hal yang kita tidak bisa. Klien juga cari 3D artist yang bisa bikin 3D karena mereka ngga bisa atau kurang berkapasitas, makanya cari orang yang bisa bikin 3D. KLIEN-KLIEN YANG HARUS DIHINDARIN CLIENT PIKIR 3D CUMAN PERLU TEKEN 1 TOMBOL.

  • MEREKA GAMAU TAU KALAU KITA BUTUH ISTIRAHAT.

  • TIDAK MAU BAYAR DP, CASH FLOW KITA HANCUR.

  • KLIEN KABUR.

  • KLIEN BERALASAN HASIL JELEK, BLA BLA BLA, GABISA JUAL, BLA BLA BLA, JADI GAMAU BAYAR.

KLIEN YANG CUMAN MAU TAU HARGA

Kalau klien cuman tanya pricelist, tanpa ngasih data. Terutama kalau masuk ke dm sosmed, dan ditanya perlu apa tetep ngotot cuman mau tau harga.. hal seperti ini pastikan jangan terlalu diurusin. kalau diajak ngobrol masih gabisa tinggalkan. CUMAN BIKIN PUSING!


KLIEN YANG NGASIH DATA, MENANYAKAN APAKAH KITA AVAILABLE ATAU TIDAK

Klien seperti ini harus dipertahankan, karena lebih serius. kemudian pahami kebutuhannya. Buat marketing kah? developer? dijadikan flyer atau billboard? atau cuman concept?

Ajak ngobrol, disitu kalian bisa saling mengukur dan build relation. Pahami jika orang ini tujuannya cuman duit atau emang mau kerjasama longterm.

Biasanya dari pertanyaan pertama aja udah keliatan bahwa mereka mau long-term. Dapet klien yang patut diperjuangkan berarti kalian juga harus memiliki kualitas yang dapat menarik dan memantaskan kalian agar bisa dapat klien seperti itu.

Pastinya kita sendiri ngga mau bayar harga kalau nggak sesuai kualitas.


44 views0 comments
bottom of page