Tips 6 : Apa Saja Software Yang Bisa Dipakai Untuk Tahap Post Production ?

Updated: Feb 15

Software untuk tahap post production berguna untuk membantu Anda meningkatkan kualitas render, membantu saat revisi, atau bahkan bisa merubah style dari render Anda.







1. Adobe LightRoom

Light Room ini bisa merubah hasil render menjadi total berbeda bila kita sudah mahir menggunakannya. Gunanya banyak bisa menerangkan sebagian area dari gambar kita atau bahkan semua nya, bisa digunakan untuk merubah warna juga. Hanya saja sulit bila harus melakukan revisi, software ini akan susah bila kita harus melakukan revisi atau bahkan menempel gambar tambahan. Harga relative sangat murah bila dibandingkan dengan adobe photoshop.


Contoh bisa dilihat dari video dibawah ini.

Sumber : Photos in Color






2. Adobe Photoshop


Photoshop atau biasa kita sebut sotosop, merupakan software yang sangat luar biasa, bisa dikatakan ini adalah tingkat mahir nya dari light room, dan kita bisa leluasa melakukan revisi bila ada render pass, bisa menempel gambar tambahan seperti 2D people atau pun pohon 2D. Harga relative murah dan menggunakan system subscription bulanan.


Video dibawah ini adalah salah satu contoh penggunaan Photoshop.

Sumber : Arqui9 Visualization


Bisa merubah apa saja karena banyak tools yang sengaja dibuat untuk itu, dan photoshop ini menggunakan sistem layer. beda dengan light room yang langsung bekerja di gambar nya langsung.



Perbedaan antara lightroom dengan photoshop bisa dilihat di video dibawah ini.


Sumber : Justin Odisho




3. Adobe After Effect


Adobe After Effect biasa digunakan untuk editing video, menambahkan effect lighting, memberikan efek transisi, mengombinasikan music dan efek suara dan banyak hal lain yang bisa dilakukan. Kita bahkan bisa membuat animasi di After Effect ini. Untuk penggunaan dasar hampir mirip dengan photoshop. Harga relative murah dan menggunakan system subscription bulanan.


Contoh penggunaan Adobe After Effect bisa dilihat di video dibawah ini.


Sumber : Cinecom.net

Salah satu aplikasi dari Adobe After Effect adalah video animasi dari 2G Studio

Sumber : 2G Studio







4. Affinity


Affinity sangat mirip dengan photoshop, bisa dikatakan saingan dari photoshop saat ini, fitunya sedikit kalah dari photoshop, tapi dari segi harga, Affinity bisa dikatakan jauh lebih murah dibandingkan photoshop.


Penggunaan Affinity bisa dilihat pada video dibawah ini.

Sumber : Affinity Revolution



Mungkin Anda pernah mendengar sebisa mungkin hasil render sudah final saat selesai di render. Hal itu sah-sah saja, tidak ada yang salah, semua tergantung keinginan dari artist nya masing-masing, dan menurut saya pribadi, akan selalu ada ruang untuk meningkatkan kualitas. Di 2G Studio sendiri, kita selalu bisa meningkatkan kualitas render di tahap post production ini dan banyak menggunakan photoshop untuk melakukan revisi, menambahkan 2D people, efek-efek cahaya lainnya dan banyak lainnya.


Yang bisa saya sarankan, bila hanya fokus kepada gambar saja dan bukan animasi, affinity merupakan pilihan tepat, selain harga nya murah, kemampuan nya tidak kalah dengan photoshop.


Bila banyak membuat animasi, saya sarankan menggunakan After Effect untuk editing nya. Setelah nantinya Anda berkembang lebih besar lagi, barulah menggunakan Adobe Photoshop karena file dari photoshop bisa langsung dimasukan ke After Effect, sehingga kerja nya lebih mudah dibandingkan bila kita pakai Affinity dan After Effect.

0 views