top of page

Tips 5 : Plugins Software Yang Biasa Dipakai di 3DSMAX

Updated: Jul 18, 2023

Plugin software adalah software yang perlu di install terpisah karena di develop oleh pihak ketiga, untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan kebanyakan plugin yang sangat powerful sekarang ini banyak dikembangkan untuk platform 3DSMAX.


plugin software yang biasa dipakai di 3dsmax



Plugin ini dibuat oleh orang Indonesia yang kegunaan utamanya adalah untuk menyebar object dengan cepat walaupun caranya sedikit manual, tapi hasilnya sangat luar biasa, dan plugin ini gratis. Banyak 3D artist luar negeri yang terkenal menggunakan plugin ini.






logo cg floor generator

Plugin ini sangat bagus untuk membuat 3d model lantai, selama bentuknya kotak/persegi Panjang. Sangat menghemat waktu dan sangat mudah digunakan dibandingkan bila kita harus membuat tile nya secara manual. Ukuran tiap elemen lantai juga bisa diatur panjang pendek nya dan bisa di acak supaya tidak terlihat berulang. Hasil nya juga akan sangat luar biasa bagus saat digunakan dengan multi texture nya dari CG Source ini.



ruangan interior

Sumber : CG Source


Dari gambar diatas bisa dilihat lantai parket nya sangat natural.




logo forest pack

Berguna untuk menyebar object dengan cepat dan instan dan bisa dikontrol dengan mudah. Sangat berguna untuk menyebar tanaman, apalagi pohon bila kita harus membuat area yang ada hutan nya. Harga dari forest pack ini tidak terlalu mahal, masih sangat bersahabat apabila kita bandingkan dengan waktu yang kita hemat dengan menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki versi gratis nya dengan sedikit Batasan penggunaan, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan bila menggunakan versi gratis nya. Tapi untuk awal, ini akan sangat membantu.



gambar renderan outdoor

Sumber : 2G Studio


Rumput, semak, pohon pada gambar diatas, disebar menggunakan plugin forest pack pro. Ga bisa bayangkan kalau ini harus di tata manual satu per satu.





logo railclone

Berguna untuk mempercepat proses modeling yang berulang-ulang. (beberapa contoh objek berulang adalah seperti railing jalan, railing balkon, lampu jalan, lantai kayu, lantai keramik, dll) Harga railclone tidak terlalu mahal juga, sangat murah bila dibandingkan dengan waktu yang kita hemat dengan menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki versi gratis nya dengan sedikit Batasan penggunaan, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan bila menggunakan versi gratis nya. Tapi untuk awal, ini akan sangat membantu. Railclone juga bisa di kombinasi dengan forest pack pro, dan merupakan kombinasi yang sangat powerful untuk mempercepat proses pekerjaan.



gambar renderan sebuah ruangan kantor

Sumber : 2G Studio


Pada gambar diatas, meja, dinding, jendela, lantai, pipa, kabel, semua dibuat menggunakan Railclone karena semua memiliki pengulangan. Penataan kursi dan komputer menggunakan Forest Pack Pro.



logo vizpark



Berguna untuk membuat material yang berulang yang memiliki pola, seperti batu bata, lantai kayu, lantai granito, bahkan juga bisa membuat pola acak. Plugin ini sangat powerful untuk menghasilkan efek tiles yang sangat realistic terutama dibagian grout (nat) antar elemen lantai. Harga untuk Wall & Tiles ini bisa dikatakan murah, dengan fitur nya yang sangat powerful.



vizpark material editor
perbandingan bitmap

Dari gambar diatas bisa dilihat, yang disebelah kiri, texture bata yang dibuat manual, selalu terlihat pengulangan nya. jadi seperti lantai yang bertexture bata. Sedangkan disebelah kanan, texture nya sangat acak, jadi seperti dinding bata yang sebenarnya.


gambar renderan sebuah villa

Sumber : 2G Studio


Semua tile yang ada digambar diatas, menggunakan VIZPARK Wall & Tiles.




logo exlevel growfx



Berguna untuk membuat pohon dan tanaman. Software ini sangat luar biasa hebat karena sangat mempermudah kita untuk membuat model pohon dan tanaman dibandingkan membuat model secara manual. Kenyataannya, untuk tanaman dan pohon, 3d model yang ada diluaran sana sangat terbatas, pasti akan ada permintaan dari klien kita untuk pohon tertentu dan tidak ada di luaran sana, sangatlah tidak mungkin kita mengatakan kepada klien kita bahwa kita tidak memiliki modelnya, hal ini sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan klien kita, dan bahkan membuat klien kita tidak akan pernah kembali memberi pekerjaan kepada kita. Di 2G Studio sendiri kita banyak menggunakan Grow FX untuk membuat pohon dan tanaman tertentu yang diminta klien, apalagi bila menyangkut tanaman dan pohon di Indonesia. Harga Software ini sangat murah kalau dibandingkan klien Anda lari karena anda tidak bisa memenuhi keinginan mereka sehingga mereka lari dan tidak memberikan pekerjaan lagi.



Video diatas adalah tutorial membuat pohon menggunakan grow fx dari 2G Academy.



gambar renderan yang menggunakan grow fx

Sumber : 2G Studio


Hampir semua pohon dan tanaman yang ada di gambar dibuat menggunakan Exlevel GrowFX.


Masih banyak lagi plugin-plugin penting lain nya yang bisa kita pakai di 3DSMAX. Tapi dari ulasan diatas bisa dilihat, inilah alasan utama mengapa banyak 3D Artist yang menggunakan 3DSMAX karena banyak plugin yang sangat membantu proses kerja supaya lebih efisien.

239 views0 comments
bottom of page