Tips 7 : 6 Langkah Jitu Untuk Belajar & Latihan 3D Visual Bagi Pemula

Updated: Feb 15, 2020

Untuk menguasai 3D visual, tentunya kita harus sering berlatih. Berlatih dengan tekun dan tentunya dengan cara yang pintar. Ada 6 langkah jitu untuk belajar 3D bagi seorang pemula.


Latihan adalah hal yang mutlak, hanya saja sangat berat untuk dijalani bila kita belajar tanpa arah yang jelas dan tidak tahu cara nya. Saya ingin membagikan beberapa langkah untuk belajar 3D Visual ini.





Langkah 1 : Tentukan Starting Point Anda beserta Arahnya


Kita semua pasti pernah mengalami kebingungan saat hendak liburan, bingung mau kemana, sering kali kita memiliki beberapa kota yang ingin kita kunjungi, kemudian kita membandingkan plus dan minus nya. Yang akhirnya terlambat mengambil keputusan dan akhir nya kita tidak jadi pergi karena harga tiket pesawat mendadak menjadi mahal. Ujung-ujungnya kita hanya pergi keliling dalam kota saja.


Sama hal nya dengan belajar dan latihan 3D Visual. Sering kita bingung mau belajar dari mana dulu, bingung mau belajar apa dulu karena software begitu banyak, sudah begitu ga pernah pegang software 3D sama sekali, sehingga tidak tahu apa apa tentang software nya, sehingga pikiran kita gelap sekali seperti orang yang tersesat di tengah hutan. Saat kita ditengah hutan, cara termudah untuk keluar, adalah menentukan arah tujuan Anda. Apabila ada sungai, berjalan lah menyusuri sungai. Bila tidak ada sungai, berjalanlah menuju arah matahari terbit, ataupun terbenam. Dan tentunya sebelum anda memasuki hutan tersebut, pastikan anda melihat posisi Anda terhadap posisi matahari. Bila anda berangkat dari posisi matahari terbit, untuk keluar, anda harus kembali ke posisi matahari terbit, jangan sebaliknya.


Dari beberapa blog sebelum nya, saya sudah info dan sarankan software apa yang terbaik untuk memulai dan urut-urutan belajar nya. Tinggal sekarang Anda tentukan langsung, tidak perlu terlalu banyak mikir. Langsung tentukan "saya mau belajar pakai 3DSMAX dan diawal saya akan belajar tentang modeling dasar"


Segeralah mencari tutorial di youtube ataupun google, dan segeralah belajar dan berlatih.