Tips 7 : 6 Langkah Jitu Untuk Belajar & Latihan 3D Visual Bagi Pemula

Updated: Feb 15

Untuk menguasai 3D visual, tentunya kita harus sering berlatih. Berlatih dengan tekun dan tentunya dengan cara yang pintar. Ada 6 langkah jitu untuk belajar 3D bagi seorang pemula.


Latihan adalah hal yang mutlak, hanya saja sangat berat untuk dijalani bila kita belajar tanpa arah yang jelas dan tidak tahu cara nya. Saya ingin membagikan beberapa langkah untuk belajar 3D Visual ini.





Langkah 1 : Tentukan Starting Point Anda beserta Arahnya


Kita semua pasti pernah mengalami kebingungan saat hendak liburan, bingung mau kemana, sering kali kita memiliki beberapa kota yang ingin kita kunjungi, kemudian kita membandingkan plus dan minus nya. Yang akhirnya terlambat mengambil keputusan dan akhir nya kita tidak jadi pergi karena harga tiket pesawat mendadak menjadi mahal. Ujung-ujungnya kita hanya pergi keliling dalam kota saja.


Sama hal nya dengan belajar dan latihan 3D Visual. Sering kita bingung mau belajar dari mana dulu, bingung mau belajar apa dulu karena software begitu banyak, sudah begitu ga pernah pegang software 3D sama sekali, sehingga tidak tahu apa apa tentang software nya, sehingga pikiran kita gelap sekali seperti orang yang tersesat di tengah hutan. Saat kita ditengah hutan, cara termudah untuk keluar, adalah menentukan arah tujuan Anda. Apabila ada sungai, berjalan lah menyusuri sungai. Bila tidak ada sungai, berjalanlah menuju arah matahari terbit, ataupun terbenam. Dan tentunya sebelum anda memasuki hutan tersebut, pastikan anda melihat posisi Anda terhadap posisi matahari. Bila anda berangkat dari posisi matahari terbit, untuk keluar, anda harus kembali ke posisi matahari terbit, jangan sebaliknya.


Dari beberapa blog sebelum nya, saya sudah info dan sarankan software apa yang terbaik untuk memulai dan urut-urutan belajar nya. Tinggal sekarang Anda tentukan langsung, tidak perlu terlalu banyak mikir. Langsung tentukan "saya mau belajar pakai 3DSMAX dan diawal saya akan belajar tentang modeling dasar"


Segeralah mencari tutorial di youtube ataupun google, dan segeralah belajar dan berlatih.





Langkah 2 : Tentukan Target Anda


Target... ini hal yang paling membuat semua orang tidak nyaman. Tapi tanpa target, kita tidak akan kemana-mana. Setelah Anda menentukan starting point dan arahnya, tentunya harus ada target. Target ini bisa target jangka panjang dan jangka pendek. Tentunya hal ini hanya perlu Anda lakukan bila Anda benar-benar serius dibidang ini, benar-benar yakin bahwa bidang 3D Visual akan merubah hidup anda menjadi lebih baik.


Tentukan target jangka panjang anda terlebih dahulu, misalkan, saya harus bisa membuat render interior yang bagus dalam kurun waktu 12 bulan. Kemudian dari target jangka panjang tersebut, Anda harus membuat target jangka pendeknya, misalkan, dalam 1 minggu kedepan, saya harus sudah beradaptasi dengan navigasi dan menu-menu di 3DSMAX, serta sudah bisa membuat model rumah 1 lantai. Setelah itu tentukan dalam 1 minggu tersebut, setiap harinya Anda harus belajar brapa jam ? 6 jam? 8 jam? 10 jam?


Tentunya, membuat target waktu juga harus bisa membuat Anda keluar dari zona nyaman, jangan menargetkan terlalu lama juga, jangan sampai Anda membuat target 30 hari hanya untuk membuat model rumah 1 lantai tanpa texture. Kalau ini terlalu lama.


Pertanyaan yang sering muncul adalah, "lho saya kan ga tahu, modeling ini biasanya dilakukan oleh artist-artist lain nya brapa lama normal nya ?" ini boleh Anda coba tanyakan di group pecinta 3D. Jawaban nya pasti sangat bervariasi, membuat Anda sendiri bingung. Karena yang menjawab pasti punya keahlian masing-masing. Saran saya adalah, buat aja dulu target nya, mulai dan jalani saja dulu, selama Anda benar-benar mendedikasikan waktu Anda belajar sesuai dengan jam yang Anda tentukan, bila tidak tercapai, tentu Anda bisa atur lagi targetnya.


Tambahan 1 lagi, bila anda sudah tentukan misalkan 10 jam sehari, pastikan10 jam nya benar-benar belajar, bukan 9 jam nya buka facebook atau instagram.





Langkah 3 : Jangan Malu Bertanya


Jangan pernah malu untuk bertanya, bila Anda sudah mencoba belajar melalui video di youtube dan masih belum berhasil, unggah screenshot nya di group pecinta 3D dan bertanyalah. Biasanya tidak berani bertanya karena merasa terlalu pemula dan takut di olok-olok. Selama cara bertanyanya benar, saya yakin, Anda tidak akan diolok-olok. Anda bisa mengatakan "saya baru belajar modeling 3D di 3DSMAX selama 1 minggu dan sebelumnya belum pernah pegang software apapun" biasanya akan banyak yang membantu Anda untuk memberikan masukan. Bila ada yang mengolok-olok, ga papa, itu bagian dari proses memperkuat mental, anggap saja itu penyemangat Anda, bilang saja dalam hati (baca : dalam hati, bukan ditulis di group, nanti ribut), 3 bulan dari sekarang, saya akan melebihi dirimu.


Bila ga ada yang mau jawab, TIDAK APA APA. Jangan patah arang, karena seorang profesional pun dulunya seorang pemula yang sama sekali tidak tahu apa apa. Berikut nya kalau tidak mengerti, silahkan tanya lagi. Lakukan terus, nanti pasti akan ada seorang senior yang melihat kegigihan Anda dan akan mulai membantu Anda untuk memberikan solusi. Senior Artist biasanya tidak langsung menjawab, karena ingin melihat sejauh mana kegigihan Anda. Senior Artist berlaku demikian karena mereka dulu nya belajar dengan cara yang keras juga dan mereka mengerti bahwa MENTAL itu lebih penting.




Langkah 4 : Buka Mata, Buka Telinga dan Buka Hati Lebar-lebar.


Wayne Dyer mengatakan "If you change the way you look at things, the things you look at.. Change" Bila anda merubah cara pandang Anda terhadap suatu (barang misalkan), Nanti nya sesuatu itu (misalkan barang) yang Anda lihat juga berbeda sesuai dengan sudut pandang Anda yang baru tersebut"


Terus terang saya juga ga tahu itu siapa Wayne Dyer, tapi yang saya tahu, kata-katanya bagus dan penuh magna :D


Contoh yang paling mudah adalah, Ice Cream Magnum, bila kita hanya melihat ice cream, magnum ya hanya ice cream yang dibalut oleh coklat. Tapi bila kita melihat dari sisi kenikmatannya, Anda akan melihat magnum berbeda dengan biasanya, anda akan mulai bercerita, coklat yang membalut ice creamnya bila dimakan bebarengan dengan ice creamnya, itu nikmat sekali, karena membuat ice cream vanilla nya ada crunchy dan rasa coklat nya, menjadikan ice cream ini lebih komplex"


Selalu dengarkan semua saran, kritik dari orang-orang, bila ada yang memberi cara lain, ga ada salahnya untuk dicoba, ga perlu berbantah, langsung coba, ga berhasil, coba tanyakan lagi. 3D Artist hebat yang mendunia selalu mendengarkan saran dari orang lain, karena saran, kritikan merupakan cara pandang mereka dari sudut yang berbeda dari kita. Sering kali saran-saran tersebut akan membuka wawasan tambahan dan membuat kita bisa memandang dari sudut pandang yang berbeda.





Langkah 5 : Cari Teman Belajar


Manusia pada dasarnya suka berkomunitas, karena kita semua pada dasarnya adalah makhluk sosial. Carilah komunitas yang tepat, yang berpikiran positif, yang saling memberikan support.


Belajar akan jauh lebih mudah dijalani bila ada teman yang berasal dari komunitas yang positif. Tidak harus berada di satu ruangan, bisa saja belajar di rumah masing-masing, yang penting bisa saling bertanya, dan bertukar pikiran, bisa bersama-sama mencari tutorial, sehingga Anda bisa belajar dengan efisien. Tentunya bisa diadakan ketemuan dan belajar bersama-sama. Dan yang terpenting adalah adanya support saat mental kita lagi jatuh.





Langkah 6 : Repeat!


Langkah ke 6 ini penting, mengapa ? karena langkah ke 6 adalah mengulang langkah 1 - 5 terus menerus. Karena hanya dengan begitulah mental Anda akan terbentuk dan Anda akan dikelilingi oleh orang-orang positif yang akan saling mendukung satu sama lain. Seperti yang kita semua tahu, Practice make Perfect, Latihan yang membuat semuanya menjadi sempurna.

130 views