Tips 1 : 4 Cara Mendapatkan Income Tambahan di Dunia Archviz bagi seorang Pemula

Updated: Feb 15

Dunia 3D Visual di bidang arsitektural banyak diisi oleh orang-orang yang berasal dari jurusan arsitektur dan interior design, terutama dari kalangan mahasiswa dan banyak juga fresh graduate dari kedua jurusan tersebut. Apabila kita masih di tahap pemula, apakah kita bisa mendapatkan income tambahan dari dunia 3D Visual ini ?





Banyak dari kita yang suka main game, apapun game nya, saat kita awal main, selalu berat karena berusaha mempelajari cara main game nya, dan saat kita semakin mengerti dan semakin tinggi level kita, kita akan semakin ketagihan untuk main, bahkan kita pun berusaha mendapatkan cheat code, atau hidden trick. Dari para pemain game, pasti ada sebagian gamers yang hanya sebatas pemain, dan ada sebagian yang berusaha mendapatkan income tambahan.


Ambil sebuah contoh, Game Mobile Legend yang sedang ngetrend, bagi yang suka main game ini, pasti akan mengerti tentang apa yang paling diinginkan oleh para pemain Mobile Legend. Bagi yang bisa melihat peluang pasti akan berpikir menjual akun mobile legend untuk mendapatkan income tambahan, dan bila berhasil sekali, akan terus berusaha main dan menjual akun yang baru lagi.


Bagi yang bekerja dibidang arsitektural ataupun interior design, kita semua akan sangat membutuhkan 3D visual untuk mengomunikasikan design kita kepada klien kita sehingga banyak dari kita yang mulai belajar 3D visual di bidang architectural ini. Layaknya bermain game, diawal akan sangat berat untuk mempelajari teknik-teknik dasarnya, setelah udah terbiasa, kita akan semakin menikmati dan semakin ketagihan, bahkan kita bisa tertawa luar biasa kalau mendapatkan magic trick nya.


Nah apakah di dunia 3D architectural ini kita juga bisa mendapatkan income tambahan ? jawaban nya tentu saja BISA! Kalau Anda berpikiran “ah saya masih pemula, mana bisa, yang udah dapat income besar di dunia 3D ini udah hebat semua” Jawaban saya, selama ada kemauan, disitu ada jalan. Semua orang yang professional, awalnya juga seorang pemula.



Untuk kali ini, saya akan infokan bagaimana cara mendapatkan income tambahan dari dunia 3D Architectural Visualization untuk Pemula. Beberapa cara tersebut adalah :

1. Menawarkan jasa render Atau pun jasa modeling kita untuk para mahasiswa. Anda bisa menawarkan jasa render/modeling kepada mahasiswa arsitektur ataupun interior design semester 5 ke atas dimana para mahasiswa mulai membutuhkan 3D untuk presentasi tugas nya. Anda bisa pasang iklan di papan lowongan di Tata Usaha, bisa sebar flyer di luar kampus, asalkan bisa mendapatkan 1 – 2 pekerjaan saja, selama hasil bagus dan selesai nya cepat, pasti akan cepat sekali menyebar di kalangan mahasiswa dan ini bisa menjadi awal yang baik untuk mendapat income tambahan.

2. Bergabung dengan komunitas yang ada di Facebook Group. Facebook group yang bisa dijadikan tempat mencari komunitas tidak terbatas di komunitas 3D saja, tapi bisa dikomunitas arsitektural, komunitas interior design, tentunya kita tidak hanya berdiam saja di group ya, karena kalau diam saja ya ga akan ada yang kenal walaupun Anda sudah bergabung dengan banyak komunitas. Sering-seringlah mengunggah kerjaan di group dan banyak berinteraksi dengan anggota group lain nya sehingga kita semakin dikenal.


3. Bergabung di website 3D model.

Bagi kita yang suka dengan modeling, kita bisa bergabung di website 3D model dan menjual 3D model kita seperti toko, dimana apabila ada orang yang beli, kita akan mendapatkan sebagian keuntungan dari penjualan. Keuntungan mungkin terlihat sangat kecil, tapi yang beli bisa banyak orang, apalagi kalau model yang kita buat adalah model yang sedang banyak dicari dan kualitas nya bagus. Kita bisa membuat 3D model tanaman hias, perlengkapan makan, aksesories ruang keluarga, pohon, alat-alat masak, lilin, dan lain sebagainya. Website 3D Model tersebut adalah : - www.turbosquid.com - www.3dsky.org

Image credit : Sinung Wahyono


4. Bergabung dengan website photostock.

Kita juga bisa bergabung dengan website yang menjual photostock. Seperti shutterstock.com. Di website ini kita bisa menjual hasil karya kita sebagai photostock. Shutterstock sendiri merupakan website yang menjual photo stock dan video pendek (footage) yang diperlukan untuk membuat website, brosur, footage didalam video promosi. Dan ini adalah solusi bagi mereka yang tidak punya budget besar untuk menyewa model ataupun fotografer. Harga nya pun sangat bersahabat alias termasuk murah. Tentunya bagi kita yang punya kamera, kita bisa foto langit, foto aksesories, foto lifestyle yang kemudian kita bisa unggah dan kita akan mendapatkan sebagian keuntungan saat ada pembeli. Bila kita tidak punya kamera, kita bisa membuat sebuah artwork, motif lantai, bahkan membuat sebuah render yang mendekati kualitas sebuah foto dan kita unggah disana. Ini adalah salah satu solusi bagi yang bisa mendatangkan passive income.

Image credit : Sinung Wahyono


Nah sekarang kita udah kurang lebih tahu bagaimana cara kita bisa mulai mendapatkan penghasilan dari dunia 3D bagi pemula, dan di blog berikut nya, kami akan mengulas tentang apa saja sih yang harus disiapkan untuk bisa mulai mendapatkan penghasilan di tempat-tempat yang disebutkan diatas.



487 views